Jumat, 24 Mei 2013

Akuntansi Pengantar


Pengertian persamaan dasar akuntansi
     Persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki oleh  perusahaan. Persamaan dasar akuntansi digunakan sebagai dasar pencatatan system akuntansi, artinya setiap transaksi yang terjadi harus dicatat dalam dua aspek. Transaksi yang merubah aktiva di imbangi perusahaan pada kewajiban. Jadi persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva), perubahan yang timbul akibat adanya transaksi keuangan keseimbangan akan selalu di pertahankan.

PERSAMAAN AKUNTANSI

PERSAMAAN AKUNTANSI PADA PRINSIPNYA AKUNTANSI MERUPAKAN KESAMAAN ANTARA JUMLAH HARTA DENGAN JUMLAH KEWAJIBAN DAN HAK PEMILIK.SECARA SISTEMATIS AKUNTANSI DAPAT DIFORMULASIKAN SEBAGAI BERIKUT :
                 Assets  =    Liability +  Owner’s Equity

    1.  Harta (Assets)
         Harta (Assets) adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang akan memberikan manfaat ekonomis pada masa yang akan datang. Akun yang tergolong harta adalah kas. Piutang usaha, piutang wesel, perlengkapan, beban-beban dibayar dimuka, tanah, gedung, peralatan, dan mesin.
     2. Utang (liability)
         Utang (liability) adalah hak (klaim) terhadap harta dari pihak selain pemilik. Akun yang tergolong perkiraan utang yaitu utang usaha, utang wesel, utang gaji, utang bunga, utang sewa, utang pajak dll.
     3.  Modal (owner’s equity)
          Modal (owner’s equity) adalah sisa hak terhadap harta suatu perusahaan setelah dikurangi dengan hak pihak ketigaPendapatan yang merupakan kenaikan harta perusahaan yang disebabkan oleh adanya transaksi dengan pihak ketiga.

       Beban-beban yang merupakan penurunan  harta yang dsisebabkan oleh terjadinya aktivitas dalam rangka untuk memeperoleh pendapatan. Investasi merupakan penyerahan harta oleh pemilik kepada perusahaan dalam rangka mengembangkan usahanya.Pengambilan pribadi (prive) yang merupakan pengambilan harta perusahaan baik berupa kas maupun non kas untuk keperluan pribadi.
      
Konsep Persamaan Dasar Akuntansi
            
  Dalam memulai usahanya apabila semua harta perusahaan hanya berasal dari setoran modal pemilik                                    perusahaan, maka :
Harta = Modal

   Dalam memulai usahanya apabila semua harta perusahaan berasal dari beberapa sumber, yaitu sebagian dari pemilik perusahaan dan sebagian yang lain dari pihak eksternal perusahaan (kreditor), maka:
 Harta = Utang + Modal

   Apabila perusahaan telah menjalankan kegiatan usahanya dan diketahui laba/rugi perusahaan, maka :


Harta = Utang + Modal +(Pemdapatan-Beban) –Prive


 Pengertian transaksi
            Transaksi adalah peristiwa yang terjadi dalam perusahaan dan dapat diukur dengan nilai ekonomi. Peristiwa tersebut dapat mempengaruhi dan mengubah komposisi harta, utang, dan modal.
Transaksi Keuangan dan Persamaan Akuntansi
Semua transaksi keuangan (peristiwa ekonomi) yang terjadi di perusahaan, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks akan mengakibatkan perubahan di antara ke tiga komponen persamaan dasar akuntansi tersebut. Perubahan yang dimaksud bisa menambah, mengurangi, atau merubah susunan aktiva, hutang, dan/atau modal. Penyelesaian persamaan itu merupakan hasil analisis dampak dari transaksi keuangan yang terjadi.

Pengaruh Transaksi Keuangan terhadap Persamaan DasarAkuntansi :
   
1. Perubahan harta diikuti dengan perubahan harta lain dalam jumlah yang  sama. 
Contoh transaksinya yaitu:
- Pembelian barang habis pakai, peralatan, gedung, tanah, dan lain-lain secara tunai, 
- Penerimaan piutang dagang, dan
- Penjualan aktiva tunai
2. Perubahan harta di ikuti perubahan utang atau sebaliknya dalam jumlah yang sama. Contoh transaksinya yaitu:
- Pembelian harta secara kredit
- Pembayaran utang
Menerima pinjaman uang dari kreditor
3. Perubahan harta di ikuti dengan perubahan modal dalam jumlah yang sama. Contoh transaksinya yaitu:
- Investasi oleh pemilik
- Penerimaan pendapatan
- Pembayaran beban
- Penarikan modal oleh pemilik
- Perubahan harta di ikuti dengan perubahan piutang dan modal dalam jumlah yang sama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar